Tips & Guide

 

Membeli kasur baru bukanlah sesuatu yang sulit, tetapi membeli kasur yang terbaik dari berbagai macam merek dan tipe kadang menjadi hal yang sulit di karenakan semakin menjamur nya merek-merek baru yang ada di Indonesia. Sebelum membeli kasur yang tepat untuk kebutuhan anda, anda harus mengerti fungsi dan kelebihannya secara jelas terlebih dahulu. Mulai dari kasur, sandaran dan divan harus di pilih dan di sesuaikan dengan kebutuhan anda. Apabila kita hitung berapa lama kita menggunakan kasur setiap hari nya, kita tidur rata-rata delapan jam sehari, jadi sekitar sepertiga dari hidup kita habiskan diatas kasur. Jadi sangatlah penting untuk anda membeli kasur yang tepat untuk kebutuhan dan kesehatan tubuh anda. Harga bukanlah hal yang utama dalam memilih kasur, tingkat kenyamanan, bahan kasur dan garansi adalah hal yang tidak kalah penting.

 

1. Tingkat kenyamanan dan kekerasan

 

Pada dasar nya ada tiga tingkat kenyamanan pada setiap kasur, yaitu soft (empuk), medium (sedang) dan hard (keras). Untuk anda yang mempunyai ukuran tubuh yang besar dan berat sangat di sarankan menggunakan tipe yang keras. Untuk anda yang bertubuh kecil, sangat cocok menggunakan tipe yang empuk. Jadi semakin berat bobot tubuh anda, semakin keras tingkat kekerasan pada kasur yang dibutuhkan nya.

 

 

2. Tipe bahan kasur

 

Pada dasar nya ada tiga tipe bahan pada setiap kasur, yaitu spring bed (kasur per), spring latex bed (kasur campuran latex dan per) dan latex bed (kasur latex/karet).  Untuk tipe spring (per) sendiri pada kasur ada dua macam yaitu per bonnel dan per pocket. Biasanya per pocket lebih mahal dari per bonnel karena pada per pocket setiap per nya di bungkus masing-masing dan independen sehingga kasur menjadi lebih stabil dan kokoh (tidak goyang). Sedangkan  untuk tipe latex juga ada dua macam yakni latex sintetis dan latex alami, biasanya latex alami lebih mahal dari sintetis karena murni diproduksi dengan bahan karet yang alami yang mampu mengontrol suhu sehingga pemakai menjadi lebih nyaman pada saat udara dingin maupun panas. Untuk anda yang memiliki gangguan pernapasan maupun alergi terhadap debu maupun tungau, sangat dianjurkan menggunakan bahan latex karena pada dasar nya latex bebas dari debu maupun tungau.  Akan tetapi bahan latex perlu di lakukan perawatan yang lebih ekstra, karena latex tidak tahan air dan sinar matahari.

3. Garansi

Garansi dari setiap kasur yang anda beli harus benar-benar diperhatikan. Kasur yang murah sekalipun harus disertai garansi minimal lima tahun, malah saat ini hampir semua kasur bermerek memiliki garansi sampai dengan lima belas tahun.